Blog Ping Tool

Selasa, 18 Desember 2012

Indahnya Batik “Ka Ga Nga” dari Suku Rejang


Di Indonesia memang terkenal akan batiknya, termasuk Suku Rejang yang mempunyai batik khasnya sendiri. Suku Rejang adalah sebuah suku yang berada di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Batik khas Suku Rejang ini pun mempunyai nama tersendiri, yaitu Batik “Ka Ga Nga”. Memang di Indonesia Batik Ka Ga Nga agak asing didengar, tetapi Batik “Ka Ga Nga” mempunyai motif yang sangat unik. Nama “Ka Ga Nga” itu sendiri diambil dari aksara Rejang. Aksara Rejang yang terdiri dari Ka Ga Nga Ca Ja Ta Da, dan seterusnya, sehingga penamaan batik asli Rejang ini diambil dari 3 aksara paling depan.

Ukiran dari Batik Ka Ga Nga ini pun beraneka ragam, tetapi umumnya Batik Ka Ga Nga ini memiliki ukiran aksara Ka Ga Nga dan terdapat gambar Bunga Raflessia, karena Bunga Raflessia pun adalah satu-satunya bunga yang terdapat hanya di Provinsi Bengkulu. Walaupun di Indonesia batik ini jarang terdengar namanya dan jarang dilihat, tetapi di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, batik ini sangat popular dan setiap hari pasti akan dijumpai dan dapat dilihat. Karena seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kabupaten Rejang lebong adalah Batik “Ka Ga Nga”. Seragam ini pun diwajibkan digunakan sesuai ketentuan hampir setiap hari dalam seminggu.

Tidak hanya itu, Batik “Ka Ga Nga” pun selalu dijadikan identitas bagi Suku Rejang dalam mengikuti berbagai perlombaan seni dan budaya baik ditingkat kabupaten, provinsi ataupun nasional. Batik “Ka Ga Nga” yang mempunyai ukiran yang bermacam-macam dan sangat unik membuat batik ini cocok dipakai oleh semua umur, baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun lansia. Selain itu batik ini cocok dipakai baik pada laki-laki maupun perempuan. Desain Batik “Ka Ga Nga” yang menarik pun tidak hanya dipakai dalam acara-acara yang bersifat adat dan kebudayaan, tetapi bisa dipakai dalam acara-acara besar, seperti acara pernikahan, ataupun untuk pekerja kantoran.

Inilah keunikan dari Batik “Ka Ga Nga” yang memiliki ukiran yang menarik, mampu dipakai setiap orang, dan bisa dipakai dalam berbagai kondisi. Jika Anda tertarik ingin melihat batik ini, Anda dapat langsung melihatnya di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Ayo lestarikan budaya asli Indonesia!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar