Blog Ping Tool


Selasa, 25 Februari 2014

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi SNMPTN 2014

Memang tidak mudah untuk menghadapi SNMPTN bagi siswa-siswi yang akan lulus dari SMA. Tentu saja ada penilaian-penilaian serta pertimbangan-pertimbangan yang memang harus dipikirkan dari tahun ke tahun termasuk pada tahun 2014 ini. Berikut adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menghadapi SNMPTN pada tahun 2014 ini menurut Padlun Fauzi sebagai Menteri Kesejahteraan Mahasiswa Bidang Advokasi dan Keprofesian BEM Kema Unpad Kabinet Kolaborasi 2014 :


1. Nilai Rapor

Nilai rapor menjadi salah satu penilian SNMPTN 2014, nilai rapor yang biasanya digunakan untuk penilaian SNMPTN 2014 adalah nilai yang diUNkan. Tergantung jurusan ketika di SMA. Sehingga, untuk masuk program studi tertentu di sebuah PTN harus memperhatikan nilai Rapot ketika SMA.

2. Nilai Per Mata Pelajaran

Ketika akan mengikuti SNMPTN 2014, perhatikan juga nilai-nilai yang akan dipertimbangkan ke suatu jurusan, selain itu pertimbangkan juga nilai anda dengan nilai teman anda sendiri. Jika anda memilih jurusan yang sama, namun nilai anda lebih kecil dari teman anda, tolong pertimbangkan untuk memilih jurusan tersebut. Bisa jadi nilai anda tidak dapat bersaing dengan nilai teman anda.

3. Konsisten

Konsisten yang dimaksudkan disini adalah, siswa tersebut dari mulai semester 1 hingga semester 5 nilai harus minimalnya masuk jajaran 50% jurusan (IPA, IPS, atau Bahasa) terbaik di sekolah. Karena konsistensi nilai juga akan sangat mempengaruhi penilaian di SNMPTN.

4. Nilai Ujian Nasional

Tahun 2013 nilai ujian nasional tidak menjadi dasar penilaian untuk masuk sebuah perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, namun hanya kelulusan UN yang menjadi salah satu faktor kelulusan SNMPTN. Di tahun 2014, SNMPTN mempertimbangkan nilai UN untuk masuk ke sebuah PTN. Sehingga, siswa harus benar-benar mempersiapakan UN dengan matang.

5. Prestasi Non Akademik

Prestasi non akademik juga akan menjadi pertimbangan PTN untuk menerima calon mahasiswanya. Prestasi yang akan dimabil adalah minimal juara 3 tingkat kabupaten, baik itu kegiatan seni, olahraga, olimpiade dan lain sebagainya. Siswa hanya boleh mengupload 3 scan prestasi terbaiknya di pendaftaran SNMPTN 2014.
6. Akreditasi Sekolah
Prestasi sekolah di ajang-ajang tertentu juga menajdi salah satu faktor kelulusan SNMPTN 2014. Selain itu nilai dan peringkat akreditasi pun menjadi salah satu pertimbangan sebuah PTN untuk meloloskan siswa sekolah tersebut.

7. Prioritas Pemilihan Jurusan

Hati-hati dalam menempatkan pemilihan jurusan. Prioritas penempatan pemilihan jurusan pun akan menjadi dasar penentuan lolosnya SNMPTN. Ketika anda memilih sebuah jurusan, namun ketika jurusan itu daya tampungnya sedikit sedangkan peminatnya banyak, itu akan menjadi persaingan yang sangat ketat.

8. Jumlah Alumni di PTN tempat Mendaftar

Jangan kira alumni sekolah anda juga tidak menjadi salah satu aspek kelulusan SNMPTN. PTN akan mempertimbangkan Track Record alumni sekolah di PTN tempat anda mendaftar. Sehingga semakin banyak alumni yang ada di sebuah PTN akan menjadi salah satu factor penentu kelolosan SNMPTN

9. Faktor Pengembangan SDM Daerah

Beberapa PTN mempunyai sebuah program pemberdayaan SDM daerah, ini dimaksudkan agar pemerataan pendidikan tinggi di sebuah daerah bias tercapai, setiap PTN biasanya sudah memberi jatah ke sebuah daerah untuk memprioritaskan siswa dari daerah itu. Seperti di unpad sering kami sebut Program Unpad Nyaah Ka Jabar, yang merupakan program pengoptimalan putra daerah di seluruh Jawa Barat.

10. Aturan Khusus PTN

Perhatikan juga aturan khusus jika akan masuk ke sebuah PTN, missal jurusan Psikologi Unpad hanya menerima calon mahasiswa nya dari lulusan program IPA. Tidak seperti di PTN lainnya, Psikologi masuk ke Program Studi rumpun sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar