Blog Ping Tool

Selasa, 11 Desember 2012

Pemindahan Ibukota Negara

Palangkaraya, Kalimantan Tengah, inilah tempat yang sekarang menjadi wacana untuk pemindahan Ibukota Negara Indonesia dari Jakarta nantinya. Memang wacana ini masih memiliki pro dan kontra di segi pemerintahan dan masyarakat. Awalnya pemerintah memilih pemindahan Ibukota Negara dari Jakarta ini, karena kondisi Jakarta sendiri yang sekarang adalah Ibukota Negara Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Melihat kondisi kota yang sudah tidak beraturan dan tidak terstruktur, semakin banyak dan seringnya bencana banjir yang ada di Jakarta, semakin besarnya pertumbuhan penduduk di Jakarta, serta kemacetan yang semakin parah, inilah yang menjadi faktor-faktor adanya wacana bahwa Ibukota Negara akan dipindahkan. Karena faktor-faktor tersebut juga dinilai menghambat kerja dari pemerintah sendiri, serta makin banyaknya penduduk yang migrasi ke Jakarta, karena Jakarta sendiri adalah pusat ekonomi dan pusat pemerintahan di Indonesia.

Pemindahan Ibukota Negara Indonesia yang sekarang masih wacana pun masih diperbincangkan oleh pemerintah Indonesia. Mengingat pentingnya hal tersebut dan resiko-resiko yang tentu saja akan dihadapi nantinya. Sementara dipilih Palangkaraya, Kalimantan Tengah sendiri sebagai calon ibukota negara karena adanya faktor-faktor yang mendukung tentu saja. Jumlah penduduk yang tidak begitu banyak, serta wilayah yang aman karena terbebas dari berbagai bencana alam seperti letusan gunung merapi dan gempa, inilah yang menyebabkan Palangkaraya terpilih menjadi calon ibukota negara. Sementara setelah diwawancarai, Gubernur Kalimantan Tengah pun menyanggupi hal ini, jika nantinya Palangkaraya menjadi Ibukota Negara Indonesia.

Faktor lain yang harus diperhatikan pun adalah dengan kondisi Palangkaraya sendiri yang harus lebih dikembangkan di segala sektor untuk pentingnya dan mendukungnya kerja pemerintah jika benar nantinya Palangkaraya menjadi Ibukota Negara Indonesia. Rencana pemindahan Ibukota sendiri dari Jakarta ke Palangkaraya, hanya pada pusat pemerintahannya saja, sementara Jakarta masih sebagai pusat perekonomian di Jakarta.

11 komentar:

  1. saya penduduk jakarta dan setuju sekali kalau pemerintahan di pindahkan ke palangkaraya

    di jakarta udah kepenuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. marfela benar...saya setuju dengan anda

      Hapus
  2. saya jg mendukung kalau pemerintahan dipindahkan ke Palangkaraya, selain Jakarta sudah kepenuhan jg akan memancing mempercepat pertumbuhan ekonomi disana.

    BalasHapus
  3. dipindahpun gak pa pa asal pembangunan ntar gak terfokus truss ntar kesana semua

    BalasHapus
  4. sebetul'y yg paling cocok itu di pangkalanbun, ibukota dr kab. kotawaringin barat. sy bekerja di pangkalanbun-kalteng, asal dr samarinda-kaltim. jika anda dtg bisa melihat potensi strategis dr kota pbun. akan takjub. selain tata kota yg rapi, bersih, dan nyaman, hanya kurang dr sisi pengembangan kota (maklum kota kabupaten). disini ada pelabuhan laut, udara, darat, dll. kantor pelayanan terpadu dan kompleks kantor dinas jg bagus.

    BalasHapus
  5. setuju banget,,,ibukota pindah ke PALANGKA RAYA,
    jadi pengawasan ke area perairan/perbatasan lebih jeli.

    BalasHapus
  6. setuju biar DPR dan pemerintah merasakan alam baru...jangan enaknya aja sudah matang....

    BalasHapus
  7. gw setuju bener tuch....

    cz ane orang kalimantan...

    BalasHapus
  8. Kurang mntap lo ibukota ngara gk punya pelabuhan,,aku se7 pangkalnbun

    BalasHapus
  9. pemindahan itu ibarat ngimpi di siang bolong..!!

    BalasHapus