Blog Ping Tool

Sabtu, 01 Desember 2012

Berikan Support Untuk Para Penderita HIV AIDS, Jangan Jauhi



Tepat pada hari ini, pada tanggal 1 Desember 2012, dunia memperingati hari ini sebagai hari AIDS sedunia. Kembali pada sejarah bagaimana tanggal ini bisa ditetapkan sebagai hari AIDS sedunia, pada Agustus 1987 yang lalu, Thomas Netter dan James Bunn yang bekerja di bagian informasi Program Global untuk AIDS di WHO (World Health Organization/WHO)di Jenewa, Swiss, mencetuskan ide untuk menetapkan satu hari guna meningkatkan kesadaran atas permasalahan penyakit AIDS. Mereka mengajukan ide ini kepada Jonathan Mann, Direktur Program Global yang kini dikenal sebagai UNAIDS. Mann menyetujui ide itu dan kemudian memutuskan 1 Desember 1988 sebagai awal peringatan tahunan atas AIDS.
Istilah HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) sebenarnya memiliki arti yang berbeda, walaupun orang-orang rata-rata menganggap ini adalah hal yang sama. HIV merupakan nama dari virus penyebab penyakit AIDS. Sedangkan, penyakit AIDS adalah penyakit yang ditimbulkan oleh adanya penurunan kekebalan tubuh hingga ke level terendah akibat infeksi HIV. Jadi pada tahap seseorang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh hingga level terendah (yang diukur dari sel CD4) yang disertai gejala-gejalanya setelah terserang HIV, maka orang ini dinamakan penderita penyakit AIDS.
Terjadinya infeksi virus HIVpun bermacam-macam, tapi secara ilmiahnya virus ini menular ketika seseorang terkontaminasi oleh cairan dari tubuh orang lain yang mengandung virus tersebut. Bisa melalui darah, sperma, cairan kelamin, dan juga air susu ibu yang terinveksi. Virus ini kemudian akan masuk ke dalam aliran darah, baik melalui luka di dalam rongga mulut, luka di anus, organ seksual (penis atau vagina), atau juga melalui kulit yang terluka.
Berdasarkan penjelasan di atas, memang dari faktanya, penyebab utama penyakit AIDS adalah dari hubungan seks bebas, tetapi tidak semuanya, banyak dari mereka yang hanyalah korban saja. Misalnya saja, seorang korban yang akhirnya menderita penyakit AIDS akibat kelalaian dalam menyuntikkan jarum suntik yang lebih dari sekali, dan telah terinfeksi virus HIV. Terinfeksinya ketika terjadi luka oleh virus HIV. Ataupun seorang bayi yang dilahirkan dari penderita AIDS.
Jelas saja, setiap manusia memiliki impian mereka masing-masing dan berharap mempunyai masa depan yang cerah. Tidak terkecuali dengan penderita penyakit HIV AIDS ini, mereka juga ingin punya masa depan. Tetapi bagaimana mereka bisa mewujudkannya, jika setiap orang menjauhinya. Memang kita perlu melindungi diri agar tidak tertular, tapi bukan untuk menjauhinya juga. Kita bisa memberikannya support atau motivasi. Karena orang-orang penderita AIDS yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya yang benar-benar sesuai, pasti mengalami tekanan mental yang sangat besar, apalagi jika dijauhi oleh semua orang. Timbulnya kasus bunuh diri lah yang akan terjadi nantinya. Tetapi jika kita memberikan support atau motivasi kepada mereka, mental, niat dan motivasi mereka pun akan bangun kembali dan bahkan mereka mungkin bisa untuk melawan penyakit yang mereka derita.
Jadi, dengan memperingati hari AIDS sedunia ini, marilah kita hindari penyakit HIV AIDS, dan berikanlah support dan motivasi kepeda mereka yang telah terinfeksi, sampai nanti mereka dapat melawan penyakit yang dideritanya. Karena menjauhi mereka, dan mengucilkan mereka, sama saja kita membunuh mereka secara tidak langsung.

2 komentar: