Blog Ping Tool

Kamis, 22 November 2012

VESPA, Tak Kalah Saing di Jalanan dan di Pasaran



Vespa memang sering disebut sebagai motor jadul (jaman dulu) atau motor tua. Awalnya motor vespa masuk di Indonesia pada tahun 1960. Pada saat itu vespa pun menjadi target bagi banyak kalangan, karena belum ada kendaraan yang sebaik vespa pada saat itu. Kendaraan yang berasal dari Italia ini memiliki model yang sangat unik dibandingkan motor-motor lain. Seiring dengan perkembangan teknologi banyak sekali produksi motor-motor baru dengan model dan mesin yang lebih bagus dan canggih lagi. Tapi apakah vespa akan hilang karena adanya motor-motor yang lebih canggih ini?
Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pula, modifikasi pun sudah banyak dilakukan oleh kalangan-kalangan tertentu. Begitu juga dengan modifikasi vespa tanpa mengubah ciri khas vespa itu sendiri. Vespa pun sampai sekarang tidak tenggelam dan tidak kalah saing dengan motor-motor lain. Bahkan banyak sekali komunitas pecinta vespa yang tersebar di Indonesia ini, khususnya di kota-kota besar seperti di Jakarta dan Bandung. Karena komunitas yang sangat banyak itu pula, vespa tidaklah hilang dari jalanan, bahkan masih banyak seperti motor-motor lainnya. Faktor lain yang mendukung vespa tetap ada dan masih mampu bersaing adalah bagi orang-orang pecinta vespa dan komunitas-komunitasnya memiliki hubungan yang sangat baik, sehingga mereka akan tetap bangga menggunakan vespa mereka. Di Jakarta, tercatat bahwa terdapat lebih dari 100 komunitas vespa, dan tiap komunitas rata-rata memiliki anggota 10 sampai 50 orang. Begitu pun komunitas pecinta vespa yang ada di Bandung.
Selain dengan komunitas, banyak dari kalangan pecinta vespa pun mengadakan berbagai kegiatan atau acara perlombaan. Acara perlombaan ini seperti lomba modifikasi vespa, bahkan ada balap antar vespa. Acara yang digelar pun dari acara dalam suatu komunitas bahkan acara besar yang melibatkan semua komunitas di Indonesia, yang tak kalah saing dengan acara-acara lainnya, bahkan bisa lebih menonjol. Itulah mengapa vespa sampai sekarang pun masih mampu bersaing di jalanan.
Jika tadi berbicara tentang vespa yang tak kalah saing di pasaran, ternyata vespa juga tak kalah saing di pasaran. Harga vespa memang pada umumnya terjangkau dan di bawah motor-motor lain. Harga vespa mulai dari 3 jutaan, tetapi harga vespa pun bisa mencapai 35 juta. Harga vespa yang beranekaragam ini bisa ditentukan dengan modifikasi yang dilakukan pada vespa tersebut. Bahkan tak jarang pecinta vespa menukar motor mereka yang seharga 20 jutaan dengan sebuah vespa, atau menjual motor mereka untuk membeli sebuah vespa.

1 komentar: