Blog Ping Tool

Kamis, 22 November 2012

Akhirnya Palestina Menang, Apakah Sudah Benar-Benar Aman?



Allahu Akbar! Allahu Akbar!” ,teriakan rakyat Palestina sambil menembakkan peluru ke atas langit dengan air mata yang mengalir. Mereka pun kemudian melakukan sujud syukur atas kemenangan ini. Berita kemenangan ini diumumkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Cinton, saat konferensi pers di Kairo pukul 19:30 waktu Gaza, di mana ditegaskannya gencatan senjata dimulai pukul 21:00 waktu Gaza (02:00 WIB). Perang yang dimulai sejak 8 hari yang lalu hingga hari ini 22 November 2012, Israel pun mengakhiri blokade laut, udara dan daratnya terhadap Jalur Gaza dan sebagai syaratnya Palestina agar bersedia menghentikan serangan-serangannya terhadap Israel.
Dalam perlawanan Palestina terhadap Israel sejak Selasa malam pekan lalu, para pejuang Palestina di Gaza menembakkan lebih dari 1000 roket berbagai jenis, di antaranya ada yang mencapai ibukota Tel Aviv, sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Sumber-sumber Al Qassam mengatakan simpanan roket mereka masih bisa bertahan untuk tiga bulan mendatang. Selain mampu menimbulkan ketakutan tertentu pada penduduk Israel dengan roket-roketnya, para pejuang Palestina juga berhasil merontokkan sebuah pesawat tempur F-16 dan Apache Israel, serta sejumlah pesawat tanpa awak (drones) yang digunakan Israel untuk melakukan pengintaian sekaligus penembakan.
Dalam kesepakatan yang ada pada Konferensi Pers Menlu Mesir dan Menlu Amerika sore kemarin waktu setempat, gencatan senjata mulai pukul 9 malam ini, dan Mesir lah yang ditunjuk untuk mengontrol semua kesepakatan ini. Meshaal menambahkan,”kami berkomitmen untuk perjanjian gencatan senjata jika Israel berkomitmen pula dengan hal itu, namun tangan kami pada pemicu , jika Israel kembali (menyerang) maka kami akan kembali pula.”
Dalam konteks ini, Meshaal menjelaskan bahwa yang perlu diperhatikan dari perjanjian ini adalah,”pentingnya rekonsiliasi (antara Fatah dan Hamas) dan mengakhiri pembagian Palestina asalkan hal tersebut masih pada prinsip-prinsp Nasional didasarkan pada ketahanan dan kesatuan rakyat Palestina dan al-Quds serta hak kembali untuk rakyat Palestina.
Berita kebahagiaan ini pun disambut dengan ucapan syukur kepada Allah dari orang-orang yang telah memberikan doa untuk kemenangan Palestina. Tetapi hal lain yang tetap perlu diperhatikan, apakah Palestina sekarang sudah benar-benar aman? Karena tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti Israel akan menyerang Palestina kembali walaupun sudah ada kesepakatan yang dibuat dalam konferensi tersebut. Tetapi kita tetap harus berdoa, agar kesepakatan ini akan terus ditepati dan Palestina akan benar-benar aman nantinya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar