Blog Ping Tool

Rabu, 28 November 2012

Ramayana, Sebuah Produk Google Asli Indonesia



Siapa yang tidak kenal dengan Google? Google merupakan suatu search engine yang memang sudah tidak asing lagi dan sudah sangat umum di dunia. Jika sebelumnya kita semua mengetahui bahwa Google adalah sebuah produk dari Amerika, dan produk-produk yang dikeluarkan Google pun adalah produk-produk yang diciptakan oleh luar negeri. Bagaimana dengan orang Indonesia? Apakah tidak bisa ikut memberikan kreasinya untuk dijadikan sebagai produk Google?
 Akhirnya pada tanggal 31 Mei 2012 lalu Google mengumumkan peluncuran Ramayana, sebuah eksperimen di browser Chrome yang menyuguhkan cerita epik Ramayana kepada audiens modern dengan format teknologi tinggi atau yang biasa disebut High Tech. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia tentunya, karena produk Google ini menceritakan tentang Ramayana, dan di dalamnya terdapat unsur budaya Indonesia tentunya. Tampilan yang disajikan pada Ramayana ini pun sangat unik dan penuh inovasi, sehingga ketika orang mempelajari budaya Indonesia akan tidak merasa bosan atau jenuh. Dengan dilengkapi berbagai fitur Google sebagai promosi Google juga tentunya, seperti  alk, G +, Blogger, cari produk, dan Google Maps untuk berkomunikasi, mencari info, dan memulai perjalanan mereka untuk mengalahkan Rahwana yang jahat. Google Ramayana, terinspirasi oleh eksperimen Chrome yang mengimajinasikan ulang sebuah video musik seperti The Wilderness Downtown dan Three Dreams of Black. Pihak Google mengambil alur cerita dasar dari Ramayana dan berpikir bagaimana karakter-karakternya akan bertindak pada masa kini, seperti berkomunikasi dengan temannya  atau mencari lokasi-lokasi baru melalui Google Maps. Secara visual, Ramayana disajikan di beberapa jendela browser yang disinkronisasikan, yang menggunakan fitur-fitur seperti canvas di HTML5 untuk menyajikan cerita sekaligus mengundang pengguna supaya betah dan tidak bosan.
Untuk mencobanya sendiri dari Produk Google Ramayana yang satu ini, Anda dapat langsung mengaksesnya di www.ramaya.na . Di sana Anda pun dapat mengetahui begitu menarik dan inovatifnya orang Indonesia. Dan berbanggalah menjadi orang Indonesia yang penuh dengan kebudayaan. Selain itu dengan produk ini, Indonesia juga dapat membuktikan, bahwa bukan hanya orang-orang luar negeri saja yang dapat menciptakan produk-produk Google, tetapi Indonesia pun bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar