Blog Ping Tool

Rabu, 28 November 2012

Pesona dan Keindahan Benteng Marlborough Bengkulu



Provinsi yang satu ini memang tidak semaju provinsi-provinsi besar di Indonesia, seperti Jakarta dan Jawa Barat. Tetapi Provinsi Bengkulu memiliki salah satu tempat yang bersejarah dan dikenal dengan keindahannya, karena bangunan yang sangat besar dilengkapi struktur bangunan jaman dahulu serta letaknya yang sangat strategis. Benteng Marlborough, itulah nama sebuah benteng yang banyak dikunjungi orang setiap harinya, apalagi saat liburan, pengunjungnya bisa mencapai 1000 orang per harinya.
Benteng yang merupakan peninggalan Inggris ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris, dan menjadi salah satu benteng terkuat Inggris pada saat itu. Pada tahun 1977, benteng ini diserahkan kepada Depdikbud untuk dipugar dan dijadikan bangunan cagar budaya.
Benteng ini terletak di pusat kota di daerah yang disebut Kampung. Namanya  memang Kampung, tetapi lokasinya  dekat rumah dinas gubernur yang megah dan beberapa lokasi  yang terkenal dengan pertokoan dan wisata kuliner serta  wisata pantai Tapak Paderi. Inilah yang menjadi keindahan Benteng Marlborough, dengan bangunan yang sangat besar dan arsitektur tua. Di dalam benteng pun terdapat meriam-meriam di lapangan yang terletak di tengah-tengah benteng. Selain itu, di benteng ini terdapat bekas-bekas ruangan bawah tanah yang dulu dijadikan sebagai penjara bawah tanah, memang sangat gelap jika memasukinya walaupun pada siang hari. Di ruang utama juga terdapat berbagai lukisan dan tulisan-tulisan sejarah yang diletakkan di dinding-dinding. Gerbangnya pun sangat besar, dan pintunya dilapisi baja bergerigi. Selain itu di sekeliling benteng terdapat lubang yang mengelilingi benteng tersebut.
Keindahan yang begitu mempesona, ketika kita menaiki tempat tertinggi dari benteng ini, kita pun bisa melihat indah dan luasnya lautan, karena memang benteng ini terletak di pinggir pantai Tapak Paderi. Tidak susah-susah jika merasa lapar, karena di sekitar benteng banyak sekali tempat wisata kuliner yang ada di sana, termasuk makanan-makanan khas Bengkulu. Selain itu akses ke benteng ini pun sangat mudah dijangkau, karena berada di pusat kota dan dekat rumah dinas Gubernur Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar