Blog Ping Tool

Jumat, 23 November 2012

TIPS MENGHINDARI JADI SARJANA PENGANGGURAN



Saat ini menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan memang sangat dibutuhkan, karena dengan ijazah SMA saja, sangat sulit untuk mencari pekerjaan. Tapi apakah dengan lulus kuliah sudah bisa menjamin akan mendapatkan pekerjaan? Tentu saja tidak. Di Indonesia tercatat sejak Januari 2012 hingga Juli 2012 terdapat sebanyak 493.000 sarjana yang menjadi pengangguran. Sungguh tragis berita tersebut. Tentu saja tidak ada yang mau menjadi salah satunya. Terus apa yang harus dilakukan agar tidak menjadi sarjana pengangguran? Berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan agar setelah lulus kuliah, tidak menjadi seorang sarjana pengangguran :

1.      Terus berusaha mencari lowongan pekerjaan dan jangan pernah menyerah
Mencari lowongan pekerjaan memang sering dilakukan untuk setiap sarjana, tapi apakah cara mereka sudah tepat? Mencari lowongan pekerjaan, jangan hanya berasal dari satu sumber saja. Pertama, mencari lowongan kerja bisa didapat dengan adanya hubungan dengan orang lain, sehingga kita dapat menerima pekerjaan dari orang tersebut, atau dengan mencari lowongan pekerjaan dari orang lain. Kedua, cari lowongan kerja di media cetak atau koran-koran, karena biasanya terdapat banyak lowongan pekerjaan. Ketiga, mencari lowongan kerja secara ONLINE, karena banyak orang yang mendapatkan pekerjaan dengan cara online. Mengingat kemajuan teknologi, internet lah biasanya yang menyediakan info-info tentang lowongan pekerjaan. Misalnya dengan menjelajar di google, atau mengunjungi media-media online seperti di viva.co.id atau media lainnya.

2.      Jangan terlalu pilih-pilih pekerjaan
Inilah HAL YANG PALING SERING DILUPAKAN oleh para lulusan sarjana. Jika kita terlalu memilih-milih pekerjaan dengan berharap gaji yang besar, kita tidak akan pernah mendapat pekerjaan. Apalagi untuk lulusan S1, hal ini sangat perlu diperhatikan, karena lulusan S1 belum mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Mulailah dengan suatu pekerjaan, walaupun dengan gaji yang kecil, sehingga kita bisa mendapat pengalaman kerja, karena jika kita memiliki lebih banyak pengalaman kerja, maka akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan yang lebih baik lagi.

3.      Sambil mencari pekerjaan, coba terus melatih dalam berkomunikasi
Komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting dalam hal apapun untuk mencari pekerjaan, bahkan banyak perusahaan yang menilai seseorang awalnya adalah dengan cara berkomunikasinya. Komunikasi yang baik akan membantu kita dalam mendapat pekerjaan.

4.      Berlatih lagi berbahasa Inggris
Bahasa Inggris sangat berdampak dalam diterima atau tidaknya seseorang dalam suatu pekerjaan. Bahkan di setiap tes dalam mencari pekerjaan, hampir rata-rata melakukan wawancara dalam Bahasa Inggris. Maka dari itu asahlah kemampuan bahasa inggris Anda.

5.      Terapkan hal-hal positif yang telah didapat sewaktu kuliah
Dalam perkuliahan kita banyak diajarkan tentang soft skills ataupun dalam berorganisasi. Terapkanlah semua ilmu tentang kedua hal tersebut yang telah didapat sewaktu kuliah, karena itu pasti akan sangat membantu

6.      Belajar untuk mudah mengakrabkan diri dengan orang lain
Banyak lulusan sarjana yang mempunyai banyak kelebihan, tetapi karena tidak bisa mengakrabkan diri dengan orang lain, menjadi suatu kendala yang besar. Mengakrabkan diri dengan orang lain, caranya kita harus bisa mengetahui setiap kondisi yang ada di lingkungan dan tetap menjaga etika terhadap siapapun. Berusahalah untuk tidak menyinggung perasaan orang lain, dan berusaha untuk dapat mengambil hati orang lain, sehingga kita meninggalkan kesan yang baik di mata orang lain.

7.      Usahakan agar mencari pekerjaan yang terjangkau dan sesuai kemampuan kita
Memang banyak sekali lowongan pekerjaan yang ada, tetapi berusahalah untuk memilah-milah dahulu pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, ini akan menjadi nilai plus ketika kita melamar pekerjaan

8.      Satu hal yang sangat penting adalah tetap berdoa kepada Tuhan.

Itulah tips-tips untuk menghindari menjadi seorang sarjana pengangguran, terapkanlah tips-tips tersebut, pasti Anda akan terhindar untuk menjadi pengangguran. Semoga bermanfaat, terima kasih.

4 komentar: