Blog Ping Tool

Senin, 19 November 2012

Biaya Kost Mahal? Mau Kuliah atau Tidur?

Oleh : M. Aljabbaar Supriyanto



 Sebagai mahasiswa, tugas utamanya adalah belajar, bukan hanya belajar tentang materi-materi yang dijelaskan oleh dosen, tapi juga perlu me-manage segala sesuatu tentang diri, waktu dan lingkungan sosialnya sebagai mahasiswa. Itulah yang mungkin cenderung membedakan antara mahasiswa dan siswa. Perlunya mengatur diri, waktu dan lingkungan sosialnya sebagai mahasiswa, bisa terbukti dengan mahasiswa yang cenderung ngekost, bermaksud agar bisa mulai belajar apa yang namanya hidup. Bahkan bukan hanya mahasiswa yang berasal dari daerah lain yang jauh, tetapi banyak juga mahasiswa yang rumahnya tidak terlalu jauh dan masih bisa dijangkau dengan kendaraan, lebih memilih ngekost daripada pulang-pergi.
Mengenai tempat kost, permasalahannya tentu saja adalah harganya yang relatif mahal. Memang benar, bagi mahasiswa, tempat kost sangatlah penting, apalagi bagi mahasiswa yang rumahnya jauh dari universitas. Dan itu merupakan keuntungan bagi orang-orang yang mendirikan kost-kostan di sekitar universitas, sehingga tak dapat disangkal, jika di setiap universitas di Indonesia, banyak kost-kostan yang ada di sekitarnya. Bahkan bagi orang-orang yang memiliki kost-kostan, banyak di antara mereka yang tidak perlu kerja lagi, karena uang yang didapat dari hasil tersebut sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karena memang harganya yang relatif mahal.
Berbicara tentang harga kost-kostan, bagi kost-kostan yang jaraknya antara 10-50 meter dari universitas berkisar antara 6,5 hingga 17 juta rupiah per-tahunnya. Sedangkan untuk kost-kostan yang lebih dari 50 meter dan masih bisa terjangkau berkisar antara 4 hingga 6 juta per-tahunnya. Tentu saja hampir seluruh mahasiswa cenderung lebih memilih kost-kostan dengan jarak seminimal mungkin dan masih bisa terjangkau dengan jalan kaki dan sebagai tambahan fasilitas yang memadai bahkan mencapai kategori mewah. Tapi kebanyakan mahasiswa tidak memikirkan mengenai biaya yang diperlukan hanya untuk sebuah tempat agar bisa tidur. Memang bagi kalangan mampu, uang 6,5 juta sampai 17 juta per tahunnya tidaklah masalah, tapi apakah uang tersebut sepantasnya dikeluarkan hanya untuk sebuah ruang kecil? Kalau kita berpikir, umumnya di universitas berstatus negeri, biaya perkuliahan adalah 2 juta per-semester, dan jika dihitung per-tahun adalah sebesar 4 juta. Dan jika dibandingkan, biaya kuliah yang per-tahunnya sekitar 4 juta rupiah dengan biaya kost-kostan yang mencapai 17 juta rupiah per-tahunnya, apakah itu tidak perlu dipertimbangkan? Kembali lagi kepada tujuan utama sebagai mahasiswa.
Memang, tempat tinggal seperti kost-kostan sangatlah dibutuhkan bagi mahasiswa, tapi kita juga perlu lebih berpikir lagi, termasuk sebagai mahasiswa ataupun orangtuanya. Jika kita lihat dari segi waktu, sebagai mahasiwa lebih cenderung menggunakan waktunya di kampus dan di luar kost-kostan. Sekitar 80% waktu mahasiswa digunakan untuk kegiatan perkuliahan, berorganisasi, sosialisasi dengan orang lain, mengerjakan tugas, dan itu berada di luar kost-kostan. Sedangkan, biasanya ketika mahasiswa pulang ke kost-kostan, hanya langsung tidur, kemudian bangun, mandi dan berangkat kuliah lagi. Apakah itu sebanding dengan uang yang dikeluarkan untuk biaya kost-kostan?
Sebagai mahasiswa, sebaiknya berpikir kembali lagi ke tujuannya sebagai seorang mahasiswa. Tempat untuk tidur, tidaklah perlu mahal, tidak perlu begitu mewah, asalkan bisa beristirahat, tidur, dan mandi saja, itupun sudah cukup sebenarnya. Tidak perlu khawatir untuk mencari tempat yang sudah cukup memenuhi tersebut, masih sangat banyak solusinya, bahkan bagi mahasiswa yang sudah bisa memanfaatkan keadaan, mereka menjadikan tempat-tempat bagi unit kegiatan di universitas sebagai tempat tinggalnya. Memang tidak mungkin semua mahasiswa yang bisa begitu, tapi tidaklah perlu khawatir, solusi lain misalnya, dengan mengisi kost-kostan yang lumayan terjangkau, walaupun fasilitasnya tidak mewah, tetapi jika semua mahasiswa begitu, tentu saja kost-kostan yang mahal akan kosong kan? Dampak positifnya kemungkinan besar harga kost-kostan yang mahal tersebut akan turun hingga bisa terjangkau. Itu hanya beberapa solusi, dan masih banyak lagi solusi lainnya. Seharusnya semua mahasiswa bisa berpikir untuk apa kost-kostan yang mewah dan mahal? Dan untuk apakah menjadi seorang mahasiswa? Kuliah atau tidur?


Semoga bermanfaat
Jangan lupa follow blog ini ya ^_^

1 komentar:

  1. bener tuh biaya kost mahal kalau untuk kuliah.. harus pintar2 memilih

    BalasHapus